Antara rangka atap kayu dan rangka atap baja ringan

Pada era modern ini pasti kita banyak melihat rangka atap pada rumah tinggal yang berbahan baja ringan daripada rangka atap berbahan kayu, terutama banya kita jumpa di perummahan – perumahan, baik perumahan kelas sederhana, menengah, maupun perumahan yang berkelas mewah. Memang, dulu kayu menjadi material utama yang digunakan daam membuat rangka atap rumah, karena dulu memangkayu sangat banyak dan sangt mudah untuk di cari. Akan tetapi semakin kesini kayu semakin sulit di temui dan hal itu membut harga kayu menjadi semakin mahal. Hal itu lah yang membuat rangka atap berbahan baja ringan menjadi primadona pada akhir – akhir ini, terutama pada proyek proyek – proyek perumahan.

Walaupun pada dasarnya fungsi dari kedua material tersebut sam, yaitu sebagai rangka atap. Akan setiap material tersebut tentunya mempunyai kekurangan dan kelebihan masing – masing, diantaranya yaitu sebagai berikut :

 

rangka atap baja ringan

rangka atap baja ringan

Rangka atap baja ringan

Kelebihan :

  • rangka atap baja ringan mempunyai berat yang lebih rigan dibandingkan dengan rangka atap kayu
  • Rangka atap baja ringan tidak dapat dimakan rayap seperti halnya kayu, sehingga tidak mudah keropos
  • Waktu pelaksanaan jauh lebih cepat dibandingkan dengan atap kayu
  • Tidak mudah terbakar seperti halnya kayu

Kekurangan :

– rangka atap baja ringan hanya sekali pakai, tidak seperti kayu yang apabila dibongkar bisa dipasang kembali dengan ukuran yang kita inginkan. Jadi untuk rangka baja ringan ini apabila sudah dipasang / di rangkai maka kalo dibongkar tidak bisa digunakan kembali

 

Rangka atap kayu

Kelebihan :

  • rangka atap kayu lebih mudah di pasang oleh tukang manapun, tidak seperti baja ringan yang harus menggunakan tukang khusus dalam memasang rangkanya.
  • Rangka atap kayu bisa berulang kali pakai , apabila atap dibongkar dan akan membuat desain / model atap yang berbeda, maka bongkaran rangka atap kayu dari bangunan lama bisa digunakan kembali. dengan catatan kayu tidak keropos.
  • Tidak mudah terbakar seperti halnya kayu.

Kekuragan :

  • rangka atap kayu mudah dimakan rayap, sehingga dapat mengakibatkan keropos pada kayu dan menjadikan kayu rusak.
  • Rangka atap kayu sangat mudah terbakar, karena materialnya. Berbeda degan baja ringan yang materialnya tidak mudah terbakar.
  • Harga rangka atap kayu lebih mahal dibandingkan dengan rangka atap baja ringan, hal ini dikarenakan kayu semakin langka dan semakin susah di cari.

 

Karena rangka atap berbahan baja ringan bisa dikatan lebih efisien dan lebih praktis dibandingkan dengan rangka atap berbahan kayu, maka tidak heran banyak pengembang maupun person yang menggunakan ragka atap baja ringan. Dan situasi ini dimanfaatkan oleh para pengusaha – pengusaha untuk membuat perusahaan dan jasa dalam bidang rangka atap baja ringa ini. Tidak tanggung – tanggug, pada saat ini di setiap daerah sudah banyak penedia jasa pembuatan rangka atap baja ringan ini. Memag tidk mengherankan, memang usaha ini sangat banyak di gunakan oleh beberapa pihak, baik person, developer / pengembang property, maupun kontraktor baik skala besar maupun skala kecil. Semoga dengan artikel ini anda dapat lebih memahami tentang perbandingan antara rangka atap kayu dengan rangka atap baja ringan, dan bisa di jadikan referensi dalam anda membangun rumah tinggal, khususnya dalam menentukan material rangka atap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jasa desain rumh

jasa desain rumh