Menentukan elevasi lantai pada rumah tinggal

Pada saat kita akan membangun rumah, banyak orang yang merasa kesulitan dan juga kebingungan dalam menentukan elevasi lantai pad rumah yang akan di bangun . elevasi rumah sangat penting untuk kenyamanan hunian, selain kenyamanan elevasi ini juga mempengaruhi keamanan suatu hunian . hal ini akan bisa di rasakan saat terjadi banjir pada daerah tersebut . apabila elevasi rendah maka kemungkinan terkena banjir cukup besar, begitu pula sebaliknya , apabila elevasi lantai rumah dari jalan tinggi maka kemungkinan air sampai ke lantai sangat kecil .

 

Elevasi rumah untuk titik awal adalah titik ±0.00 . titik ini terletak pada lantai rumah , pada umunya pada ruang tamu ataupun ruang keluarga . dan untuk menentukan elevasi titik ±0.00 dari jalan , kita bisa mengkira – kira . karena faktor keamanan banjir pada suatu daerah berbeda – beda . misalkan apabila di daerah Jakarta ketinggian air dari jalan saat hujan deras adalah 15 cm di atas jalan, maka elevasi untuk rumah kita yaitu 60 cm dari muka jalan . dan di dalam penulisan elevasi yaitu -0.60 .kalo kedua patokan tersebut sudah di dapatkan, maka kita tinggal menentukan elevasi ruangan – ruangan yang akan kita rencanakan untuk di bangun . missal kita jadikan titik ±0.00  berposisi di ruang tamu . maka kita menentukan elevasinya mulai dari teras.

elevasi lantai rumah

contoh keterangan elevasi lantai rumah pada gambar denah

 

Pada umumnya teras rumah mempunyai elevasi turun antara 2 – 5 cm dari titik ±0.00 . ambil saja 2 cm . berarti di dalam penulisan elevasi yaitu -0.02 . kemudian taman depan . untuk taman depan pada rumah miimalis biasanya berkisar antara -0.15 sampai -0.25 . tergantung keinginan pemilik rumah . setelah itu carport. Baiknya carport berposisi lebih rendah dari taman. Misalkan apabila taman mempunyai elevasi-0.15 maka carport bisa kita buat dengan elevasi -0.30 . setelah itu ita masuk ke ruangan . untuk elevasi bagian kamar, ruang keluarga, rumah makan bisa sejajar atau sama dengan ruang tamu yaitu ±0.00 . dan untuk dapur ada 2 alternatif. Yaitu mau di buat sejajar atau di buat lebih turun, apabila akan di buat lebih turun hendaknya selisihnya jangan terlalu banyak . misalkan elevasi pada dapur yaitu -0.02 . selanjutnya elevasi yang palig wajib di turunkan dari titik awal atau titik ±0.00 yaitu kamar mandi / WC . kaena untuk menjaga air supaya air tidak keluar dari area kamar mandi . apabila elevasi kamar mandi sejajar dengan ruang tamu / ruang keluarga, maka air dari kamar mandi akan meluao kemana – mana . oleh sebab itu elevasi kamar mandi harus di turunkan . untuk penurunan elevasi tersebut bisa di buat antara 2 cm – 5 cm di bawah elevasi ruangan titik dasar . semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jasa desain rumh

jasa desain rumh