Perbandingan antara dinding bata merah dengan dinding batako

Dinding adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam suatu bangunan.  Dinding berfungsi sebagai pembatas antara dalam bangunan dengan luar banguandan juga pembatas antara ruangan satu dengan yang lainnya. Dinding itu sendiri mempunyai material / bahan yang berbeda – beda antara lain : dinding pasangan batu kli, dinding pasangan bata merah, dinding pasngan batako, dan yang terbaru ini yang kita banyak jumpai terutama pada pembangunan gedung tinggi adalah dinding yang menggunakan material bata ringan.  Pada artikel ini kita tidak akan membahasan perbandingan semua material tersebut, akan tetapi  kita hanya akan focus pada dinding batako dan juga dinding bata merah. Karena kedua material ini sangat banyak digunakan bagi kalangan masyarakat Indonesia.

 

Perbandingan antara dinding bata merah dengan dinding batako

  1. Dinding bata merah.

Dinding bata merah ini termasuk dinding yang paling sering digunakan masyrakat maupun developer dalam membangun rumah.  Karena bata merah tersebut sudah banyak tersedia di semua daerah terutama kota kota besar, karena bahan pembuatan bata merah tidaklah sulit di dapatkan. Kenapa material bata merah sangat mudah didapatkan ? karena material pembuatan bata merah terbuat dari tanah yang agak liat agar bisa menyatu. Selain bahan mudah di dapatkan cara pembuatannya pun tidak begitu suli dan hanya menggunakan alat sederhana saja bata merah bisa di buat .  berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan bata merah :

Kelebihan :

  • Banyak beredar di pasaran, baik di took besi maupun langsung ke produsen
  • Mudah digunakan dalam membentuk dinding ( dinding variasi khususnya ), hal itu dikareakan karena bentknya yang kecil.
  • Tidak memerlukan bahan khusus dalam susunan pemasangannya.
  • Harganya terjangkau

Kekurangan:

  •  Pelaksanaan yang lama, karena memiliki ukuran yang kecil.
  • Material perekat / pasangannya lebih boros dibandingkan batako, hal itu karena ukurannya yang kecil.
  • Bata merah mempunyai beban yang besar.
dinding batu bata merah

dinding batu bata merah

 

  1. Dinding Batako

Tidak seperti bata merah yang terbuat dari tanah, batako ini terbuat dari berbagai macam bahan seperti : semen, pasir, air. Tapi ada orang yang membuat batako menggunakan bahan tambahan batu sebagai komponen materialnya. Batako memiliki ukuran yang berbeda – beda , tergantung si produsen tersebut membuat batakonya.  Yang membedakan ukurannya hanyalah panjang dan tinggi batako, untuk tebalnya antara batako besar dengan batako kecil tetap sama. cara maupun metode pembuatan batako ada 2 macam, yaitu secara manual tenaga manusia dan mengunakan mesin press atau mesin pencetak batako . ada beberapa hal yang harus kita ketahui tentang batako ini, terutama soal kelebihan maupun kekurangan daripada batako tersebut. Berikut adalah kelebihan dan juga kekurangannya :

Kelebihan :

  • karena ukurannya yang besar, maka menghasilkan waktu pelaksanaan        yang terhitung cepat dibandingkan dengan bata merah.
  • Pembuatan yang cepat, Karena sudah ada mesin pencetak batako.
  • Menghemat biaya tukang, karena waktu pelaksanaannya cepat

Kekurangan :

  •  dinding mudah retak
  • Batako cenderung lebih rapuh dibandingkan dengan batako .

 

Semua itu memunyai fungsi yang sama, yaitu sebagai material dinding. Untuk pemilihan penggunaannya itu semua tergantung dari kemantapan kita dalam menggunakan material untuk rumah yang akan kita bangun. Semoga dengan sedikit penjelasan mengenai perbandingan bata merah dan batako di atas, pembaca dapat menentukan material yang akan dipilih dengan bijak. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jasa desain rumh

jasa desain rumh