Taman rumah mungil di lahan yang sempit

Taman adalah salah satu komponen penting dalam suatu hunian, selain sebagai ruang terbuka sebagai sirkulai udara, taman juga berfungsi untuk keindahan dan kecantikan suatu hunian. Taman dibagi menjadi 2 yaitu : taman di dalam rumah dan taman di luar rumah . untuk ukuran taman itu sendiri berbeda – beda , tergantung kondisi ukuran lahan dan juga tergantung keinginan pemilik rumah . keinginan orang dalam membuat taman dirumahnya berbeda – beda, ada yang lebih suka taman dengan ukuran kecil, namun tidak sedikit juga orang yang menyukai taman dengan ukuran besar baik di dalam maupun diluar rumah .

 

di dalam artikel ini penulis akan menyinggung tentang taman di lahan yang sempit atau kita sebut saja dengan “ taman rumah mungil “ . taman – taman seperti ini sering kita jumpai pada rumah – rumah kecil dan terutama banyak kita jumpai di perumahan – perumahan, baik perumahan kelas menengah maupun perumahan kelas atas . hal itu dikarenakan ukuran lahan pada perumahan jaman sekarang tergolong rumah dengan lahan sempit, itu di sebabkan karena harg tanah saat ini tergolong mahal, terutama di daerah perkotaan baik kota kecil maupun di kota – kota besar di Indonesia . oleh sebab itu para pengembang perumahan sering mengatur konsep denah sedemikian rupa tanpa meninggalkan ruang terbuka ataupun taman kecil .

 

taman rumah dilahan sempit

taman rumah dilahan sempit

Taman yang baik memiliki syarat – syarat yang harus di terapkan, antara lain yaitu adanya pencahayaan yang cukup, adanya sirkulasi udara yang cukup, mempunyai daya resap atau drainase yang baik dalam menyalurkan air hujan ( berfungsi supaya tidak terjadi genangan pada area taman ) , dan jug ataman harus bersih . ada juga faktor yang mempengaruhi nilai positif yaitu kebersihan dan juga keindahan taman tersebut, baik dari segi konsep perletakan tanaman, maupun jenis tanaman pada taman tersebut . misalnya : anda mepunyai lahan 10 m x 10 m . alangkah baiknya anda menyisakan 40 % dari luas lahan untuk digunakan sebagai area aman baik area taman dalam maupun taman luar . untuk ukuran taman dalam anda bisa membuatnya dengan ukuran yang cukup, dalam artian tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, yaitu dengan ukuran 1.75 m x 3 m misalnya . ukuran tersebut sudah tergolong cukup untuk taman dalam , tinggal kita membuat konsep dari taman tersebut, apakah mau dikasih kolam kecil dengan air yang mengalir maupun hanya taman dengan tumbuhan saja . semua itu tergantung selera dari pemilik rumah . karena selera setiap orang berbeda – beda . selamat mencoba membuat taman dirumah . semoga artikel ini bermafaat bagi pembaca dan bisa menjadikan ilmu tambahan sebagai ilu pengetahuan pada suatu hunian khususnya pada taman .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jasa desain rumh

jasa desain rumh